Tips Seputar makanan

Sapa tau bisa berguna buat di rumah

Cheers
gmon

PENGGANTI KRIM

Dalam resep-resep sering kita temukan bahan krim. Karena masih impor di kota tertentu krim sulit ditemukan. Kalaupun ada harganya cukup tinggi. Kalau mau diganti, bahan yang paling mendekati adalah susu evaporated, yakni susu kental tawar. Biasanya dikemas dalam kaleng. Soal gurih, tentu krim jauh lebih gurih dan kaya rasa, tetapi susu evaporated pun cukup oke kalau krim tidak memungkinkan.

MENCEGAH TAHU ASAM 

Tahu mudah sekali asam. Untuk menghindarinya, beli tahu yang masih baru. Cara mengetahuinya, tekan tahu dengan jari. Tahu yang lembut biasanya masih baru. Tahu yang relatif keras, usianya umumnya lebih lama. Sesampai di rumah, rebus tahu dalam air mendidih selama 5 sampai 10 menit untuk menghentikan fermentasi. Setelah dingin, tahu bisa diolah segera atau disimpan dalam waktu cukup lama di lemari pendingin. Agar permukaan tahu tidak kering, simpan tahu dalam wadah kedap udara yang rapat. 
WORTEL 

EMOH BERSANDING APEL 

Wortel termasuk sayuran yang cukup tahan lama. Tetapi salah penyimpanan juga bikin sayuran ini cepat busuk. Yang paling baik adalah membungkusnya dengan kertas (jangan kertas koran, lo) lalu meletakkannya dalam tempat sayur khusus di lemari pendingin. Hati-hati juga wortel tidak boleh disandingkan dengan buah yang mengandung gas etilen. Misalnya, apel, pisang, atau pir. Gas etilen membuat buah cepat matang. Nah, kalau wortel terkontaminasi gas ini pun jadi cepat matang dan busuk. 

AYAM GORENG TEPUNG MULTIRASA 

Ayam goreng tepung biasanya disukai anak-anak, tetapi kalau Anda menyajikan dengan bumbu serupa terus-menerus, si Kecil bakal bosan juga pada akhirnya. Nah, cobalah memvariasikan bumbu perendamnya. Banyak bumbu yang bisa Anda variasikan. Yang sederhana adalah bawang putih. Lain hari, bacem dulu ayam Anda. Pada hari yang lain lagi, Anda bisa membuatnya dari bumbu kari. Demikian pula dengan tepungnya. Untuk mendapatkan rasa pedas menyengat, Anda bisa mencampur tepung dengan sedikit merica dan taburan bubuk cabai kering. Hingga rasanya seperti hot spicy made in restoran. Taburan bubuk bawang putih juga amat oke dicampur dalam tepung untuk menambah rasa gurih. Kalau kebetulan bumbu mi instan Anda sedang berlebih, boleh juga dicampur dengan tepung. Tetapi, hati-hati, lo, jangan gunakan lagi bumbu penyedap. Kebanyakan bumbu, bikin pusing. 

BIHUN GORENG HANCUR 

Bihun goreng adalah hidangan sarapan yang mudah dibuat dan menjadi makanan bekal yang disukai anak-anak. Tetapi kalau tak pandai membuatnya, seringkali hancur dan jadi jelek penampakannya. Nah, inilah kiat jitu menghindarinya. Bihun kering sebaiknya tidak direndam dalam air panas, tetapi cukup diseduh lalu biarkan dingin. Sementara itu dalam mangkuk, campur bumbu yang dikehendaki seperti kecap, garam, merica, atau bumbu lain. Siramkan bumbu pada bihun lalu aduk perlahan. Pengadukan di wajan saat dimasak lebih sulit hingga waktu yang dibutuhkan lebih lama. Akibatnya bihun jadi hancur tercabik-cabik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: